SEKILAS INFO
: - Tuesday, 20-02-2024
  • 1 tahun yang lalu / Link Penerimaan Siswa Baru: https://bit.ly/psbsmanasein
  • 1 tahun yang lalu / Dibuka Penerimaan Siswa Baru SMA Nabil Husein Samarinda T.A. 2023-2024
Urgensi Pendidikan Bangsa

Pendidikan merupakan faktor penentu akan majunya sebuah bangsa. Pendidikan pula yang akan menjadi tolak ukur sejauh mana kematangan kedewasaan sebuah bangsa dalam menghadapi problematika kekinian yang muncul banyak dari media-media sosial. Pendidikan akan menjadi filter utama akan masuknya arus globalisasi era melenial yang hampir ada di seluruh sudut tersempit bangsa ini.

Indonesia salah satu yang memiliki penduduk terbesar di dunia tidak lepas dari permasalahan pendidikan yang sampai saat ini belum terurai dan tertata dengan baik. Bangsa yang besar seperti Indonesia harus mampu keluar dari jerat problema pendidikan yang belum menemukan titik kesepahaman antara pelaksana pendidikan dengan pemegang kebijakan. Tidak jarang controversial kebijakan pendidikan yang belum memberi keadilan bagi para pelaksana pendidikan khususnya di tingkat dasar dan menengah. Belum lagi keberlakuan kurikulum nasional yang terus mengalami perubahan tanpa persiapan yang matang di tingkat pelaksana pendidikan, terlebih di daerah-daerah. Melihat fenomena ini, masih sangat jauh bangsa ini akan bias menikmati menjadi bangsa yang maju. Ini menjadi pekerjaan rumah bagi kita semua khususnya pelaku pendidikan dan masyarakat pada umumnya sebagai penunjang keberhasilan pendidikan di Indonesia.

Arus media sosial beberapa tahun terakhir menjadi masalah besar bagi bangsa Indonesia khususnya dalam membentengi informasi-informasi yang tidak mendidik bahkan menimbulkan perselisihan antar anak bangsa.  Tidak sedikit hal ini dimanfaatkan oleh segelintir orang, kelompok, bahkan parpolpun mengambil keuntungan didalamnya. Apa yang menyebabkan fenomena informasi hoax begitu marak belakangan ini? Semua itu merupakan tingkat pendidikan dan kematangan dalam menerima informasi masih rendah. Kurang baca salah satu penyumbang penyebaran hoax akhir-akhir ini semakin merajalela. Bahkan tidak sedikit orang-orang yang memiliki gelarpun termakan oleh informasi hoax, apalagi yang tidak bergelar.

Pendidikan tidak hanya terjadi didalam kelas, pendidikan terjadi harusnya di seluruh lapisan masyarakat dimanapun mereka berada, terkhusus di lingkungan keluarga harus dipastikan pendidikan itu berjalan dengan baik dan dipastikan diterima oleh seluruh anggota keluarga. Banyak hal yang bisa didiskusikan dalam lingkup kecil (keluarga), pada saat sarapan, makan malam, dan mungkin saat nonton bareng di ruang keluarga menjadi tempat paling efektif untuk memberikan pendidikan dan saling membagi informasi kebenaran.

Oleh: Kepala SMAS Nabil Husein