SEKILAS INFO
: - Friday, 16-02-2024
  • 1 tahun yang lalu / Link Penerimaan Siswa Baru: https://bit.ly/psbsmanasein
  • 1 tahun yang lalu / Dibuka Penerimaan Siswa Baru SMA Nabil Husein Samarinda T.A. 2023-2024
Membangun Demokrasi Dimulai dari Kegiatan Kecil di Sekolah

Suara Demokrasi – P5 Pertemuan ke 2, 9 Sept. 2023 – Suara demokrasi dalam pemilihan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) adalah konsep di mana para siswa memiliki kesempatan untuk memilih calon-calon yang akan mewakili mereka dalam OSIS. OSIS adalah sebuah organisasi yang ada di SMA Nabil Husein Samarinda dan tujuan utamanya adalah untuk memberikan suara kepada para siswa dalam berbagai aspek kehidupan sekolah, seperti perencanaan acara, projek sosial, dan aktivitas ekstrakurikuler.

Suara demokrasi dalam pemilihan OSIS berarti bahwa proses pemilihan calon-calon OSIS harus dilakukan secara adil dan transparan, di mana setiap siswa yang memenuhi syarat memiliki hak untuk memilih calon yang mereka yakini akan mewakili kepentingan mereka dengan baik. Hal ini dapat mencakup proses seperti kampanye pemilihan, debat antar calon, dan pemungutan suara yang terbuka untuk semua anggota siswa yang memenuhi syarat. Kegiatan P5 – Suara Demokrasi Pertemuan ke 2 kali ini fokus menyiapkan dan memberi gambaran dalam penyusunan visi, misi dan program kerja.

Dalam konteks pemilihan OSIS, penting untuk:

  1. Memastikan transparansi: Pastikan bahwa seluruh proses pemilihan, termasuk proses kampanye dan penghitungan suara, dilakukan secara transparan dan terbuka untuk semua siswa.
  2. Mematuhi peraturan: Pastikan bahwa proses pemilihan mengikuti peraturan dan pedoman yang telah ditetapkan oleh sekolah dan OSIS itu sendiri.
  3. Memberikan informasi: Calon-calon harus memiliki kesempatan untuk mengkomunikasikan visi, misi, dan rencana mereka kepada para pemilih potensial.
  4. Pemungutan suara yang adil: Pastikan bahwa pemungutan suara berlangsung tanpa intervensi atau tekanan dari pihak manapun dan bahwa suara setiap siswa dihitung dengan benar.
  5. Evaluasi: Setelah pemilihan selesai, evaluasi hasilnya dan pastikan bahwa sistem pemilihan berfungsi dengan baik dan dapat ditingkatkan jika diperlukan.

Melibatkan siswa dalam proses pemilihan OSIS dengan cara yang adil dan demokratis dapat memperkuat ikatan antara siswa dan sekolah mereka serta memberikan peluang bagi siswa untuk memiliki peran aktif dalam membentuk kehidupan di sekolah.

TINGGALKAN KOMENTAR